Visitors

Rabu, 17 Juli 2013

Rooney Pantas Dipertahankan Atau Dibiarkan Pergi?

         
Rooney, masih sosok "Tak Tergantikan" di United?
            Pemuda Scouse ini kini berusia 27 tahun, dan memegang status sebagai pemain terbaik timnas Inggris dan mungkin yang terbaik di United setelah kepergian Cristiano Ronaldo. Meski bergitu, Rooney telah 2 kali mengajukan permintaan transfer dirinya dalam 3 tahun. Yang pertama, 2010, ia meminta skuat yang lebih kompetitif dan kini hal itu telah terpenuhi. Di posisi manapun ia bermain saat ini, lone-forward, penyerang lubang, gelandang serang, atau gelandang tengah akan ada pemain yang bersaing dengan dirinya. Skuad United di 2012/13 cukup dalam, walau hanya berujung 1 gelar, EPL, tapi selisih 11 poin dengan peringkat 2 tidak buruk kan?


Partnership Rooney-Persie ternyata mengecewakan salah 1
pihak diantara mereka.
        Musim 2012/13 adalah yang pertama baginya setelah bertahun-tahun, untuk tidak menjadi andalan utama United. Robin van Persie datang dan memukau tiap orang dengan gol-gol yang nampak cukup mudah terjadi. Jika permintaan transfer kali ini hanya akibat perannya yang tak lagi paling bersinar, pantaskah ia dipertahankan? 



Rooney kecewa setelah musim 2012/13 yang tak membuatnya "bersinar"
          
           Penampilannya musim lalu masih tetap bagus dalam standar pemain pada umumnya, ia mencetak 2 digit gol, 2 gol di Derby Manchester, inspirasional saat melawan Spurs di OT, dan menggantikan peran RvP saat pemain Belanda ini kesulitan mencetak gol. Meski begitu, ia tak pernah memenuhi harapan fans sepenuhnya. Dengan segala potensinya, ia harusnya masuk 5 pemain terbaik dunia tiap tahun, tapi kini sangat diragukan apakah ia tetap di 10 besar di 3 tahun terakhir.

           Dengan ego besarnya dan potensinya yang nampak tak pernah keluar maksimal, mungkin ini saat yang tepat untuk United menguangkannya. Rooney juga tidak berada di level yang sama dengan Ronaldo atau Messi, dia tidak tak tergantikan. Di tim saat ini ada RvP, Kagawa, dan Welbeck yang bisa menggantikan perannyan, dan transfer masuk untuk menggantikannya juga memungkinkan, jadi tim akan baik-baik saja. Tapi jelas harganya tidak boleh murah, minimal 30 juta pounds rasanya nilai yang sesuai.

          Seorang pemain tidak boleh lebih besar dari klub. Dalam hal ini Rooney tidak boleh (merasa) lebih besar dari Manchester United, klub kaya sejarah dan punya tradisi juara selama puluhan tahun. Tapi tentu saja, fans pantas memaafkannya jika ia mengurungkan niat dan kembali konsentrasi bagi United. Ia telah lama di klub ini dan memberi banyak hal. Dia tidak tak tergantikan, tapi juga tidak tak termaafkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar