Visitors

Sabtu, 02 Februari 2013

10 Pemain Sayap United Terbaik Sepanjang Sejarah








Andrei Kanchelskis

      Andrei Antanasovich Kanchelskis bermain sebagai seorang pemain sayap yang sangat baik. Pelepas umpan yang baik, menerobos pertahanan lawan, mencetak gol-gol penting, pelari ulung. Selain itu, sikapnya juga sangat terpuji yang membuatnya menjadi favorit banyak orang. Plus, ia adalah orang Rusia pertama yang bermain bagi United.



      Dirinya memang tidak langsung meledak di United, hanya 14 gol dalam 3 musim. Sejak musim 1993/94, ia menjadi pilihan utama di sayap kanan. Namun kemudian segera berkembang dengan 16 gol dalam 32 pertandingan di musim 1994/95. Namun sayangnya ia kemudian pindah ke Everton. Ia bermain dalam 145 pertandingan dan menyumbang 48 gol selama 4 tahun di United.




Steve Coppell

       Coppell adalah pemain dengan bakat bersinar saat itu. Ia dikontrak United pada 1975 dengan 130.000 pounds. Manajer United saat itu, Tommy Docherty memang sedang membangun tim berisi pemain muda, sehingga kedatangan Coppell sangatlah pas.

     
        Total ia bermain 322 pertandingan dengan 53 gol bagi United. Ia juga bermain 42 pertandingan dan menyumbang 7 gol bagi Inggris. Kariernya berakhir secara tragis pada 1983, dikarenakan cedera lutut. Ia kemudian sukses sebagai manajer.



David Beckham 

         Sebagai pemain, skill yang dimiliki David Robert Joseph Beckham cukup komplit. Crossing-nya hebat, demikian juga freekick-nya, visi bagus, kecepatannya juga lumayan. Ia mewarisi nomor 7 yang legendaris dari Eric Cantona dan menjadi sayap kanan utama United. Plus ketampanannya, ia segera menjadi anak emas di Old Trafford dan idola banyak orang.


          Ia kemudian pindah ke Real Madrid pada 2003 dengan 25 juta Euro dan menjadi bagian dari    Los Galacticos. Ia bermain dalam 265 pertandingan dan mendapat 62 gol semasa di United. Ia juga punya 115 caps dan 17 gol di timnas Inggris.

Charlie Mitten
      Charlie Mitten bergabung dengan United pada 1936 namun baru mendapat debut pada 1946 akibat Perang Dunia II. Selama di United ia dikenal sebagai salah satu dari 'Famous Five' dengan anggota lain Jimmy Delaney, Stan Pearson, Jack Rowley dan Johnny Morris. 

           Winger hebat ini mencetak 61 gol selama 4 tahun berkarier di United.








Billy Meredith

      Bisa dibilang dirinya adalah "The Original Welsh Wizard" dan merupakan legenda pertama United. Ia bergabung pada 1906 dari City dan menjadi pujaan suporter. Ia adalah pemain sayap prima dan salah satu bintang terbesar sepakbola pada masanya. Kumis tebal dan dan tusuk gigi menjadi ciri khasnya.  

       
      Kariernya berlangsung sangat panjang, sekitar 30 tahun! Bahkan Giggs baru berkarier selama 21 tahun. Sang legenda ini bermain 335 pertandingan dengan 36 gol bagi United dan punya 48 caps dan 11 gol bagi timnas Wales.

Johnny Berry

       Berry merupakan pemain sayap muda brilian yang cemerlang tahun 50-an. Sayangnya, saat dirinya tengah cemerlang, Tom Finney dan Sir Stanley Matthews telah mengisi posisi sayap di timnas Inggris. Namun untunglah salah satu anggota "Busby Babes" ini dapat menggunakan kedua kakinya sama baik sehingga kemudian mendapat posisi di timnas. 


         Kariernya kemudian berakhir tragis dengan cedera dirinya dalam Munich Disaster 1958. Banyak orang berpendapat, jika Berry tidak meninggal, maka ia akan menjadi bintang dalam PD 1966, saat Inggris menjadi juara. Ia total tampil dalam 276 pertandingan dan menyumbang 45 gol bagi United.

George Best

          Best merupakan satu dari United Trinity yang beranggotakan Sir Bobby Charlton dan Denis Law juga dirinya. Ia adalah sayap hebat asal Irlandia Utara yang mampu mengiris pertahanan musuh dari 2 sisi lapangan. Ia sampai mendapat julukan 'El Beatle' karena kemampuannya tersebut.


         Selain di dunia sepakbola, ia juga populer karena gaya hidupnya. Bisa dibilang, ia adalah Beckham tahun 60-an. Bahkan dirinya sampai dijuluki "The 5th Beatles", menunjukkan kepopulerannya yang setara 4 anggota band The Beatles. Pencapaiannya yang tak akan mudah terlupa adalah kemenangan 4-1 United atas Benfica di final Champions Cup (saat ini Champions League) pada 1968. Best pernah meraih penghargaan sebagai terbaik Eropa.

Joe Spence

       Joe adalah sayap atraktif yang sama menariknya dengan Cristiano Ronaldo. Ia menjadi andalan dan terkadang juga berposisi sebagai penyerang setelah kedatangannya ke United pada tahun 1919. "Give it to Joe" sampai menjadi chants yang populer selama 14 tahun masa pengabdiannya di United. Sebagai sayap, rataan golnya cukup impresif dengan 168 gol dalam 510 pertandingan bagi United.


        Dirinya mengoleksi penampilan terbanyak bagi pemain sayap di United, namun dibawah Ryan Giggs yang super konsisten. Debutnya berlangusung hebat, dengan 4 gol dicetaknya dalam kemenangan 5-1 atas Lancashire. Sayangnya ia bermain di masa antara 2 Perang Dunia, saat dunia sepakbola sedang lesu. 

Cristiano Ronaldo

      Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro adalah sayap terbaik produk United dalam beberapa tahun terakhir. Ia juga pemain ke-4 sepanjang sejarah United yang meraih gelar terbaik Eropa, setelah Sir Bobby Charlton, George Best, dan Denis Law. Datang di usia 17 tahun, ia berkembang pesat dan menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah.

       
       Skillnya benar-benar komplit, yang membuat banyak orang kagum. Ronaldo juga menampilkan cara freekick yang unik dan baru. Penampilannya yang menarik juga membuat banyak orang tergla-gila padanya. Pada 2009, Ronaldo pindah ke Real Madrid dengan rekor pemain termahal, senilai 80 juta pounds. Selama di United, ia total bermain 292 pertandingan dan mencetak 118 gol, membuatnya meraih posisi 18 sebagai topskor United. 


Ryan Giggs

        Ryan Joseph Giggs adalah pemain yang sangat konsisten dan loyal. Sejak debutnya di United pada 1991, ia tidak pernah bermain di klub lain dan masih membela United hingga musim 2012/13 ini. Ia adalah pemain yang sangat langka dan dirinya sangat dicintai suporter serta disegani lawan. 


Giggs punya rekor fantastis, ia adalah satu-satunya pemain yang tampil dan mencetak gol dalam seluruh edisi Premier League dan Champions League. "The Welsh Wizard" kini lebih sering bermain sebagai gelandang, namun reputasi sebagai salah satu winger terbaik dalam sejarah tidak akan pudar. Ia memimpin daftar pemain dengan penampilan terbanyak bagi United, dengan total 927 gol dan juga menyumbang 166 gol. Jumlah ini terlihat akan terus bertambah. Dirinya kini menjadi salah satu kandidat penerus Sir Alex

1 komentar:

  1. Gw suka sama beckham... tipikal klasik winger gitu... hehhe
    klo berkenan, berkunjung ke blog gw ya Gan...
    10 transfer termahal oleh Sir Alex Ferguson :
    http://adityadarajat.blogspot.com/2013/05/10-transfer-termahal-sir-alex-ferguson.html

    BalasHapus