Visitors

Senin, 28 Januari 2013

Wilfried Zaha, The Rising Star

               Wilfried Zaha adalah pemuda yang telah menggemparkan dunia persepakbolaan Inggris selama setahun belakangan ini. Zaha sangat cepat bermain sebagai gelandang, pemain sayap, ataupun penyerang. Ia berperan penting bagi timnya, Crystal Palace. Kemampuannya juga sudah diakui berkat gelar pemain muda Football League of The Year pada 2012. 

             


               Nama lengkapnya adalah Dazet Wilfried Zaha Armel. Ia lahir pada 10 November 1992 di Abidjan, Pantai Gading. Saat berusia 4 tahun, keluarganya pindah ke London. Kemudian ia bersekolah di SMP Whitehorse Manor, Thornton Heath dan Sekolah Tinggi Selsdon, Selsdon, yang memiliki Kemitraan dengan Wimbledon FC.

               Zaha mendapatkannya debutnya di musim 2009/10 di kandang Cardiff City, tepatnya 27 Maret 2010. Masuk di sisa waktu 10 menit terakhir, ia tidak memberi banyak dampak saat itu. Zaha cepat berkembang dan segera menjadi pemain utama di musim 2010/11. Pada 7 Agustus 2010, Zaha mencetak gol debutnya dalam kemenangan 3-2 melawan Leicester City. 

               Musim 2011/12 dimulainya dengan 2 gol dalam kemenangan atas Crawley Town pada ajang Piala Liga. Sesudah itu, Zaha terus tampil gemilang dan memimpin aksi mengejutkan Crystal Palace yang menghempaskan Manchester United dari Piala Liga. Aksi memukaunya ini mulai menarik perhatian klub-klib besar Inggris, seperti Manchester United, Liverpool, dan Arsenal. 

                Kemudian ia mengakhiri musim dengan gelar pemain muda Football League of The Year dan juga Crystal Palace Young Player of The Year untuk kedua beruntun. Selama musim ini, ia bermain di 49 perandingan dengan 9 gol dan 5 assist. 

                Musim 2012/13 dimulainya dengan cukup baik dengan assist saat melawan Exeter City di Piala Liga. Ia mencetak gol pertamanya pada musim ini saat melwan Wolverhampton, kemudian 2 gol lain  4 hari kemudian saat menang 4-3 atas Burnley. Penampilan impresifnya akhirnya membawa berkah bagi Zaha. Ia mendapat caps pertamanya di timnas senior Inggris dalam pertandingan persahabatan melawan Swedia pada 14 November 2012. Sebenarnya ia mempunyai pilihan diantara Inggris dan Pantai Gading, dan kemudian membela Inggris di level u-19, u-21, hingga akhirnya debut di tingkat senior saat menggantian Raheem Sterling di menit ke-83.

Debut di timnas senior Inggris

                Kita semua tahu Manchester United senang mengolah bakat muda menjadi pemain kelas dunia, dan pemain muda satu ini tidak dilewatkannya. Tanggal 25 Januari 2013 Manchester United resmi memiliki Zaha dengan 15 juta pounds, namun dipinjamkan kembali ke Palace hingga akhir musim. Dengan media yang akan semakin mengintainya, semoga Zaha mampu menanggung tekanan dan berkembang menjadi pemain kelas dunia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar