Visitors

Sabtu, 20 Oktober 2012

FOKUS: Danielle De Rossi




De Rossi tampil baik dalam 2 laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Armenia dan Denmark. Dalam tempo 5 hari, ia mencetak 2 gol. 


De Rossi & Osvaldo, Italy
Sebuah pencapaian yang cukup gemilang untuk seorang  jangkar yang sering berkutat di sisi defensif. Meski begitu, tetap saja bukan jaminan dirinya akan bermain membela AS Roma di giornata 7, melawan Genoa. Dibawah asuhan Zeman, permainan De Rossi tidak begitu baik, padahal peran jangkar yang diembannya sangat sentral untuk transisi menyerang-bertahan tim, juga untuk memenangi bola.  Malahan, ketika Zeman tidak memainkan De Rossi, Roma justru menang melawan Genoa.

Menurut Zeman, peran De Rossi di squadra nazionale terlalu bebas, tidak sesuai dengan keinginan sang pelatih di klub. Meski sama-sama berposisi di antara 3 gelandang di Italia ataupun Roma, namun ada perbedaan mendasar bagi De Rossi. Selain peran lebih bebas di timnas, orang yang berada di depan De Rossi adalah Montolivo, sedangkan di Roma ada Totti. Montolivo berposisi asli gelandang, bahkan jangkar, sehingga sisi ofensifnya juga tidak besar. Montolivo dapat meng-cover perannya saat De Rossi bergerak mobile. Di Roma, Totti adalah pemain fantasista, seseorang yang dapat menjadi trequartista, ataupun penyerang. Pemain dengan naluri menyerang tinggi yang akan kesulitan jika sang wakil kapten klub ibukota maju menyerang. Perbedaan besar karakter 2 pemain inilah salah satu yang menyulitkan dirinya.

De Rossi & Zeman, AS Roma

Namun meski De Rossi bukan lagi pilihan otomatis di klub, tifosi nampak tidak menentang allenatore. Mereka tidak menuntut pemecatan Zeman atas hal ini dan tetap menaruh kepercayaan padanya. De Rossi harus segera sadar perannya di klub yang tidak sekrusial di timnas, ia  harus segera membenahi penampilannya. Hal ini sendiri dipastikan membuat beberapa klub makin tertarik atas jasa pemain yang gemilang di Euro 2012 ini. Manchester United, City, dan PSG akan memantau perkembangan kondisinya di Roma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar