Visitors

Selasa, 09 Oktober 2012

Perubahan Strategi United, Tanpa Sayap?

           United bermain dengan pertahanan yang buruk sepanjang musim ini. Nyatanya, United hanya bisa clean-sheet saat menang 4-0 melawan Wigan sebelum melawan Newcastle. Ada 2 hal yang menyebabkan masalah ini, pertama adalah tidak adanya gelandang petarung perebut bola yang cukup bagus dan kedua, bek bergantian cedera dan sehingga performanya cenderung tidak stabil. Di saat strategi biasanya tidak berjalan dan kekurangan amunisi, Sir Alex dengan cerdik mengubah strategi bermiain timnya. Saat melawan Newastle, United bermain tanpa sayap dalam formasi yang bisa dibilang 4-4-2 diamond. Jarak antar pemain lebih rapat, permainan lebih dinamis dan atraktif sehingga lini tengah terlindung. Pada beberapa kesempatan United sangat mendominasi bahkan berhasil mencetak 2 gol pada 15 menit awal.


Evra, sehabis gol kedua United


    





        Gol-gol ini berasal dari corner kick yang masing-masing diambil oleh van Persie dan Rooney. Corner kick ini tercipta karena penguasaan bola mutlak United di awal laga, pemain Newcastle jarang sekali bisa menyentuh bola, bahkan melancarkan serangan. Permainan United sangat enak dilihat dan membuat fan United untuk optimis bahwa mungkin kemenangan nyaman seperti saat melawan Wigan bisa terulang.
Cleverley, pencetak gol indah United
           Namun nyatanya kelemahan strategi ini terlihat jelas. Jarak antar pemain United akan jauh saat lawan menyerang dari sayap. Newcastle segera bangkit dan mulai mengancam, hanya saja pertahanan United masih cukup baik menghalau bola yang menuju kotak penalti. Selain itu, Demba Ba yang tampil baik di beberapa pertandingan sebelumnya terlihat mandul saat itu. Rooney juga tampil baik dengan serangan berbahaya yang ia bangun dan juga saat mengambil bola dari bawah. Pertandingan sendiri bisa dibilang berakhir saat tendangan indah Cleverley menghujam ke pojok atas gawang kawalan Harper. Namun akhirnya ini menjadi kemenangan yang baik bagi United meski strateginya belum cukup matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar